Kalibogor - PEMBUATAN LUBANG BIOPORI

PEMBUATAN LUBANG BIOPORI

Kegiatan cinta alam dan peduli lingkungan sekitar menjadi salah satu program Bupati dan pemerintah kab. Kendal saat ini, program yang diaplikasikan di setiap desa melalui kades dan menjadi visi kepala desa dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

 

Di desa kalibogor program peduli lingkungan tersebut direalisasikan dengan kegiatan pembuatan lubang biopori. Bersama bapak kades (Taufiqul Mujab) dan ketua FKD (H.Abdul muslim) sebagai penggerak kegiatan ini, melakukan kegiatan pelatihan kepada warga desa kalibogor tentang pentingnya menjaga lingkungan sekitar. salah satunya dengan pembuatan lubang biopori. 

 

foto : Antusias warga saat pembuatan lubang biopori

 

Adapun Manfaat pembuatan lubang biopori bagi lingkungan diantaranya adalah mengurangi sampah organik, menyuburkan tanah, Mengurangi genangan air yang menimbulkan penyakit serta dapat mencegah terjadinya banjir. 

 

Kagiatan yang berlangsung di halaman Bp.Sumardi Ahmad (rt.003/rw.001) disambut antusias oleh warga. apalagi ibu ibu warga desa kalibogor yang sangat bersemangat setelah mendengarkan pemaparan dan instruksi dari Bp.H.Abdul muslim, ibu ibu langsung mempraktekkan pembuatan lubang biopori."supaya lingkungan sekitar rumah bersih, tanaman saya subur dan tidak ada penyakit saat musim hujan". kata ibu ibu sambil melubangi tanah. 

 

 foto : proses pembuatan lubang biopori oleh ibu ibu desa kalibogor

 

 

Foto Pembuatan Lubang Biopori - Dengan Menggunakan Alat Dan Bahan Sederhana

 

Kesadaran warga desa kalibogor terhadap kelestarian lingkungan sekitar ini, semoga bisa di ikuti oleh para generasi muda sekarang ini, agar bisa bersama sama menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar. Dengan memanfaatkan barang dan alat yang sederhana namun mempunyai manfaat yang sangat banyak bagi lingkungan dan tentunya seluruh warga desa. 

*

*

*


Dipost : 07 Juli 2021 | Dilihat : 410

Share :