Kalibogor - Kegiatan Pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Di Desa Kalibogor

Kegiatan Pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Di Desa Kalibogor

"Pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan satu gerakan yang dilakukan oleh pihak puskesmas dan pemerintah desa untuk melakukan pendekatan partisipatif dalam mengajak masyarakat untuk menganalisa kondisi sanitasi mereka melalui proses pemicuan, sehingga masyarakat dapat berpikir dan mengambil tindakan untuk meninggalkan kebiasaan buruk mereka mengenai Buang Air Besar di sembarang tempat."

 

Pada hari Jum'at (22/10/2021) di desa kalibogor telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi kepada warga desa oleh petugas dari puskesmas sukorejo dan perangkat desa kalibogor, dengan tujuan untuk memberikan informasi tentang pentingnya STBM kepada masyarakat. 

 

 

Kegiatan STBM tersebut dilakukan oleh petugas yang langsung mendatangi rumah rumah warga desa kalibogor. Untuk melihat dan memberikan edukasi secara langsung.

Adapun edukasi yang diberikan meliputi pentingnya kegiatan STBM bagi setiap warga seperti : 

1. Stop Buang Air Besar Sembarangan/Stop BABS 

2. Cuci Tangan Pakai Sabun/CTPS 

3. Pengelolaan Air Minum Rumah Tangga/PAM-RT 

4. Pengelolaan Sampah Rumah Tangga 

5. Pengelolaan Air Limbah Rumah Tangga

 

 

Dengan dilaksanakannya kegiatan STBM tersebut, petugas puskesmas dan perangkat desa kalibogor berharap agar warga desa kalibogor lebih terpicu untuk hidup yang lebih bersih dan sehat. Amin

 

 

 


Dipost : 25 Oktober 2021 | Dilihat : 2898

Share :