Desa Kalibogor, Rabu 20 oktober 2021.
Dengan rasa syukur Alhamdulillah telah dilaksanakannya "Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Dan Kartu Indonesia Sehat (KIS)". Bertempat di Balai Desa Kalibogor Tanpa halangan suatu apapun.
Adapun susunan acara yang telah berlangsung sebagai berikut :
1. Do'a
2. Menyanyikan lagu Indonesia Raya
3. Sambutan dan Ucapan selamat datang atas kehadiran para tamu undangan dari Kepala Desa Kalibogor Bpk. Taufiqul Mujab.
4. Sambutan dan pengarahan dari Wakil Bupati Kendal Bpk. H. Windu Suko Basuki, SH
5. Gelar wicara dari narasumber Bpk. Drs. H. Fadholi ( Anggota DPR RI komisi IX, Jateng )
6. Penutup
Dalam acara sosialisasi tersebut para narasumber memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pemahaman terhadap program JKN-KIS, meskipun dalam kondisi pandemi covid-19 seperti sekarang ini tetap dirasakan perlu untuk melakukan pemberian informasi secara langsung melalui kegiatan sosialisasi kepada masyarakat dan peserta Bpjs Kesehatan/JKN-KIS.
Pelayanan BPJS Kesehatan terus mengalami perkembangan untuk mempermudah para pesertanya, Seperti saat ini selama pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan berupaya menghadirkan berbagai kemudahan bagi badan usaha untuk mengakses layanan JKN-KIS. Mulai dari layanan administrasi, layanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan rumah sakit, hingga layanan informasi dan pengaduan peserta JKN-KIS. Bisa di akses melalui Aplikasi Resmi JKN-KIS yang bisa di download secara gratis.
Dari sisi administrasi untuk kemudahan Badan Usaha, BPJS Kesehatan telah mengembangkan aplikasi e-Dabu Mobile. Berbeda dengan aplikasi e-Dabu yang selama ini harus diakses melalui laptop atau personal computer (PC), aplikasi e-Dabu Mobile dapat diakses dengan mudah oleh PIC badan usaha kapan dan di mana saja melalui smartphone. Hadirnya aplikasi e-Dabu Mobile ini diharapkan membuat badan usaha lebih cepat dan lebih praktis dalam melakukan proses pengecekan data peserta maupun perubahan data JKN-KIS para pekerjanya. Di samping itu, aplikasi yang bisa diunduh melalui Playstore ini juga telah dilengkapi dengan fitur untuk mengecek status kepesertaan JKN-KIS pekerja dan anggota keluarganya, riwayat pembayaran iuran, data mutasi pekerja, tren pembayaran, hingga konten kesehatan.
Selain e-Dabu Mobile, layanan administratif juga dapat diperoleh peserta JKN-KIS Badan Usaha melalui berbagai kanal lainnya, seperti aplikasi Mobile JKN, Mal Pelayanan Publik, BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, serta Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA). BPJS Kesehatan juga telah menghadirkan kemudahan layanan informasi dan pengaduan melalui fitur Pengaduan Keluhan di Mobile JKN, Chat Assistant JKN (Chika), serta melalui petugas BPJS Kesehatan Siap Membantu! (BPJS SATU!) di rumah sakit.
Sementara itu, dalam hal pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan menyediakan layanan Skrining Mandiri Covid-19, antrean online, teleconsulting, informasi ketersediaan tempat tidur, informasi jadwal antrean operasi, serta daftar obat bagi peserta dengan penyakit kronis yang ditanggung BPJS Kesehatan. Seluruh layanan tersebut yang dapat diakses peserta JKN-KIS melalui Mobile JKN.
“Program JKN-KIS memiliki konsep protection, sharing, dan compliance. Artinya, kita semua harus berperan aktif melindungi diri sendiri dan keluarga (protection), berbagi dengan sesama dalam skema gotong royong yang merupakan budaya Indonesia (sharing) serta patuh sebagai warga negara dengan menjadi peserta Program JKN-KIS (compliance). Keberadaan Badan Usaha sendiri diharapkan bisa menjadi role model atau motor penggerak bagi masyarakat untuk berpartisipasi aktif mendukung Program JKN-KIS. “Harapan kami, badan usaha dapat meneruskan informasi ini kepada para pekerjanya agar mereka dapat benar-benar paham dan bisa seoptimal mungkin memanfaatkan aneka kemudahan layanan yang telah kami sediakan" .
*
Dipost : 20 Oktober 2021 | Dilihat : 643
Share :